Mengidentifikasi jenis dan tipe APAR

1. Alat Pemadam PORTABLE

Adalah Alat Pemadam Api Portable yang dilengkapi dengan Alat Pengukur Tekanan (Pressure Gauge) yang setiap saat dapat menunjukan adanya tekanan, sehingga memudahkan pengontrolan efektifitas kinerja tabung.

 

 

 

2. Fire Detec

FireDeTec adalah sebuah alat pemadam kebakaran otomatis yang mencari sumber api dan memadamkan sumbernya melalui sebuah selang penyalur, sekaligus bertindak sebagai detektor api yang fleksibel. Selang ini terbuat dari bahan Polymer khusus untuk melacak sumber api dan penyalur gas yang unik. FireDeTec tidak tergantung pendeteksian api pada satu titik saja tetapi disepanjang selang fleksibel.

Sistem pemadaman semacam ini bisa digunakan secara tersendiri atau dapat juga sepenuhnya dikendalikan dengan kombinasi sistem alarm dan pemutus arus listrik dari peralatan yang dilindungi.

 

 

 

 

3. Thermatic system (SISTEM SPRINKLER )

Adalah alat pemadam api otomatis. System yang terpasang secara modulair di atas plafon dan jumlah modul terpasang disesuaikan dengan kebutuhan volume ruangan yang akan dilindungi. Sistim pemadam otomatis ini akan bekerja bila ada asap/awal nyala api yang terdeteksi oleh pengindera elektronik (sensor). Oleh karenanya bila dipasang beberapa unit dalam satu ruangan akan bekerja secara serentak karena ujung nozzle/sprinkler alat ini dilengkapi dengan actuator yang bekerja secara elektronik.

 

Alat ini juga berfungsi sebagai Thermatic artinya bila terjadi kegagalan fungsi elektonik tetap bekerja akibat panas pada temperatur ± 68°C.

 

 

 

4. Trolley

Adalah Alat Pemadam Api Beroda yang dilengkapi dengan Regulator untuk mengatur tekanan gas CO2/N2. Alat ini biasanya ditemukan di tempat pengisian bahan baker.

 

 

 

 

 

5. Hydrant

Fungsi utama hydrant adalah sebagai salah satu sumber air apabila terjadi kebakaran, di negara-negara maju ada standar pewarnaan dan tanda-tanda khusus untuk setiap sistem hydrant, sedangkan di negara–negara dunia ketiga hal tersebut belum lazim.